Think before you speak. Read before you think

Breaking News

Beda Kutub Utara dan Kutub Selatan


Kita pasti telah mendengar nama kutub utara dan kutub selatan yang menjadi poros rotasi bumi kita ini. Kita juga tahu bahwa di kedua kutub itu dipenuhi oleh hamparan es yang telah ada sejak jaman "baheula".

Namun kita sering menganggap bahwa kutub utara dan selatan adalah dua kutub yang hanya berbeda letaknya saja. Satu di utara dan satu di selatan. Kita membayangkan kondisi dan karakteristik kedua kutub ini tidaklah berbeda. Sama-sama lautan es, dihuni eskimo, banyak pinguin dan beruang kutub. Ini juga yang menjadi pemahaman saya selama ini.

Ternyata semua itu salah...

Bahkan saya juga tidak paham benar bedanya antartika dan arktik. Payah juga yaa...:)

Berikut ini perbedaan antara kutub utara dan selatan:

1. Kutub utara pada dasarnya merupakan lautan beku yang dikelilingi daratan yang sering disebut lingkaran Arktik (Arctic Circle). Sebaliknya, Antartika di kutub selatan adalah daratan benua dengan wilayah pegunungan dan danau berselimut es yang dikelilingi lautan. (Nah,baru tahu deh sekarang...)

2. Benua Antartika jauh lebih dingin daripada Arktik sehingga bahkan terdapat lapisan es di sana yang tidak pernah meleleh sepanjang sejarah. Benua Antartika mengandung hampir 90 persen es di seluruh dunia. Temperatur rata-ratanya -49 derajat Celcius. Suhu terdingin pernah tercatat pada 21 Juli 1983 sebesar -89,6 derajat Celcius di Stasiun Vostok, dekat kutub geomagnetik selatan. Sementara Arktik memiliki temperatur rata-rata lebih tinggi sekitar -34 derajat Celcius.

3. Daratan es yang didominasi lapisan es tipis di Arktik lebih mudah retak saat musim panas tiba. Bahkan, laporan terakhir menyebutkan, ratakan es telah melanda seluruh bagian Arktik saat tiba musim panas. Di Antartika retakan lapisan es melanda wilayah-wilayah tepian saja namun sekali lepas, pulau es yang mengapung bisa berlayar dari Antartika sampai ke Selandia Baru.

4. Sepanjang sejarah, Antartika tidak pernah dikuasai siapapun dan tidak ada penduduk asli di sana. Traktat Antartika melarang siapapun melakukan segala bentuk eksplorasi minyak dan menjadikan Antartika kawasan damai serta riset bersama.
Kontras sekali dengan wilayah lingkaran Arktik yang terdapat beberapa kota berpenduduk seperti Barrow di Alaska, Tromso, Norwegia, serta Muramansk dan Salekhaard, Russia. Di kutub utaralah orang-orang Eskimo bermukim.

5. Di kutub utara kita dapat menumpai orang eskimo, tapi tidak di kutub selatan.

6. Di kutub utara(Arktik)lah beruang kutub hidup bukan di kutub selatan(Antartika).

7. Di kutub selatan terdapat burung pinguin tapi tidak di kutub utara.

Nah itu tadi bebrapa perbedaan antara kedua benua. Ada yang ingin menambahkan...???

1 komentar

Mr. Eagle mengatakan...

thanks bro infonya... mantap