Think before you speak. Read before you think

Breaking News

E Book Gratis, John Roosa, Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto, 2007



Buku yang sempat dilarang beredar oleh pemerintah ini pertama kali terbit pada 2007.
John Roosa, seorang sejarawan bergelar Doctor dari International Studies di University of California-Berkeley melalui penelitiannya mencoba untuk mengungkapkan jalan dari pemberontakan yang dikomandoi oleh Letnan Kolonel Untung. Secara ilmiah, John Roosa menyajikan fakta-fakta beserta hasil wawancara terhadap pihak-pihak yang terkait dengan G 30 September serta para pelakunya.
Apa sebenarnya tujuan utama di balik pembantaian massal itu menurut John Roosa?
Ada dua hal: represi terhadap gerakan nasionalis kiri (pengangkapan massal, penahanan massal) dan pembunuhan terhadap gerakan itu. 
Kalau represi, tujuan utamanya menghancurkan kekuatan petani, yang sedang mendukung proses land reform, dan kekuatan buruh, yang sedang mengambil alih banyak perusahaan milik modal asing. 
Represi itu sebenarnya bisa dilakukan tanpa pembunuhan. Waktu itu PKI tidak melawan. Kenapa kelompok Suharto di dalam Angkatan Darat (AD) memilih membunuh orang yang sudah ditahan? 
Ada beberapa kemungkinan, tapi satu poin yang cukup penting: kelompok Suharto mau membuktikan kesetiaannya kepada kampanye antikomunis Amerika Serikat (AS), supaya AS membantu tentara bertahan lama sebagai penguasa. Suharto sadar bahwa rezim dia akan bergantung kepada bantuan finansial dari AS untuk memperbaiki ekonomi Indonesia. 


 Unduh E Book Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan Kudeta SuhartoJudul: Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto
Penulis: John Roosa


Tidak ada komentar