Think before you speak. Read before you think

Breaking News

Politik satanis

 
Oleh :  macanwigit


Mungkin banyak di sini banyak yang bertanya, apa itu satanisme? Apakah itu pemujaan setan yang mengurbankan wanita seksi dengan pemotongan kepala kambing dan pesta orgy di bawah sinar rembulan dengan penerangan lilin di lima titik membenuk pentagram?

Kalau itu yang anda pikirkan, saya sarankan anda matikan televisi anda.

Chuch of Satan adalah agama baru buatan Anton LaVey yang mengedepankan sinisme dan ingin menjadi gerakan melawan sesuatu yang dia sebut sebagai "stagnasi Gereja", yang jujur saja menurut saya ada di nyaris semua agama sekarang. Mengutip dari situs mereka;

"LaVey wanted to establish something new, not strict doctrines awash with attitudes of blind faith and worship, but something which would smash all concepts of anything that had come before, something to break apart the ignorance and hypocrisy fostered by the Christian churches"

Mungkin itu adalah dasar dari dasar pemikiran mereka. Kalau mau tahu lebih dalam silahkan baca buku mereka secara mendalam karena saya nggak punya cukup duit buat ngebaca semua buku mereka.

Memang, mereka melakukan praktek "sihir" dan ritual occult yang mungkin terlihat menakutkan, mengancam, dan segala macam sebutannya. Namun berapa di antara kita yang tahu mengenai praktek itu? Nyaris tidak ada. Bahkan saya sendiri hanya tahu beberapa, dan itu belum cukup untuk memberikan judgement yang sepenuhnya valid.

Jujur saya tertarik kepada agama (ya, agama) ini bukan karena saya ingin bergabung atau apa, karena itu akan bertentangan dengan komitmen saya untuk tidak bergabun dengan agama terorganisir manapun, tapi karena saya ingin melihat apa yang ada di dalam agama yang kelihatannya dibenci semua orang ini. Bahkan mungkin menjadi "common enemy" bagi anak-anak Rohis/Rokris di sekolah saya (dan sekitarnya) yang lebih sering sindir-sindiran daripada beribadat.

Hasil yang saya temui cukup lucu;

"The Eleven Satanic Rules of the Earth

* Do not give opinions or advice unless you are asked.
* Do not tell your troubles to others unless you are sure they want to hear them.
* When in another’s lair, show him respect or else do not go there.
* If a guest in your lair annoys you, treat him cruelly and without mercy.
* Do not make sexual advances unless you are given the mating signal.
* Do not take that which does not belong to you unless it is a burden to the other person and he cries out to be relieved.
* Acknowledge the power of magic if you have employed it successfully to obtain your desires. If you deny the power of magic after having called upon it with success, you will lose all you have obtained.
* Do not complain about anything to which you need not subject yourself.
* Do not harm little children.
* Do not kill non-human animals unless you are attacked or for your food.
* When walking in open territory, bother no one. If someone bothers you, ask him to stop. If he does not stop, destroy him."

Lucu bukan, bahwa "setan" melarang pengikutnya untuk menyakiti anak-anak, binatang, dan jangan memperkosa. Bahkan dia menyuruh pengikutnya untuk menghormati "altar" orang lain (dalam artian, tempat ibadah lain).

Lalu apakah prejudice yang kita selama ini dapat, kita pikirkan, segala ketakutan yang ada di kaum agamis yang sibuk dengan kampanye anti setan dan membakar album serta poster Marilyn Manson (a well-known CoS member) itu ada artinya? Saya rasa Anton LaVey sedang tertawa di alam manapun dia berada sekarang, beserta para pengikut setia yang memahami ajarannya dengan baik.

Lalu apa hubungannya dengan politik?

Mereka tenyata punya peraturan tersendiri mengenai politik para anggotanya. mengutip dari salah satu priest mereka;

“As has been said many times before, one’s politics are up to each individual member, and most of our members are political pragmatists. They support political candidates and movements whose goals reflect their own practical needs and desires. Our members span an amazing political spectrum, which includes but is not limited to: Libertarians, Liberals, Conservatives, Republicans, Democrats, Reform Party members, Independents, Capitalists, Socialists, Communists, Stalinists, Leninists, Trotskyites, Maoists, Zionists, Monarchists, Fascists, Anarchists, and just about anything else you could possibly imagine. It is up to each member to apply Satanism and determine what political means will reach his/her ends, and they are each solely responsible for this decision. Freedom and responsibility—must be a novel concept for those who aren’t Satanists. We take it in stride. Members who demand conformity from other members to their particular political fetish are welcomed to depart.”

Terlihat jelas pandangan bahwa siapapun yang kampanye melalui satanisme akan dengan senang hati diusir, meskipun berpolitik sendiri tidak dilarang. Lalu apakah pandangan Agama dan Politik harus dipisakan itu berasal dari para satanis? Lucifer knows.

Untuk saya sendiri Satanisme LaVey adalah sebuah komedi satir yang dengan sangat sinis menyindir pemahaman dan pelaksanaan agama di jaman modern ini. Apakah pergerakan ini bisa menjadi serius dan melahirkan agama yang sepenuhnya penuh dan well-polished? Saya tidak bisa memprediksikan itu. Namun alangkah baiknya kalau kita bisa membaca dan memahami dengan penyaringan. Siapa tahu ada tamparan positif dalam pola hidup yang lebih luas dan pandangan beragama kita





Sumber : PolitikAna.com

Tidak ada komentar