Think before you speak. Read before you think

Breaking News

Komentar atas komentar-komentar

Makasih buat semuat sobat yg udah komentar di postingan ttg RS sebelum ini. Sampe ada yg jadi laper tuh...hi..hi..hi

Tadinya saya mau membalas komentar anda semua di kolom komentar. Tapi kok kayaknya panjang banget. Jadi skalian aja dijadiin postingan.

Sekali lagi, terima kasih..!!!

============================================================

Gerimis masih awet sedari maghrib tadi. Hawa dingin nembus jaket kulit gue ampe ke tulang. Padahal baru jam tujuh. Bijimana pas tengah malem nih. Bisa bablas ketiduran lagi dah. Padahal tar malem bola bakal seru, Roma lawan Madrid!

Daripada ngantuk mending ngopi aja dah.

Dingin-dingin begini, nyang enak ngopi di warungnya mpok Nur, sambil duduk ngebujur, nyomot kue cucur trus ngehayal adegan syuuur...

Asal jangan sambil ngintipin kebaya mpok Nur. Ntar emaknye marah, bisa diguyur kopi, byuuuur...

"Assalamualaikum...wah udah pada ngumpul nih" kata gue. Di pojokan, kayak biasanya, ada mas Yanto ama Ryan lagi ngobrol.

"Wa alaikum salam..." sahut mereka barengan.

"Nah ini dia nih orangnya, panjang umur kamu mas", kata mas Yanto sambil nunjuk hidung gue.

Gue jadi keheranan, ada apaan sih...

"Emangnya kenapa mas, mau ngasih duit yaa?", gue bales sambil humor.

Mulut mas Yanto monyong ke arah gue trus bilang, "Mustinya situ yang kasih duit. Selametan dong...!" Sementara Ryan nyang duduk di sebrangnya cuman senyum doang.

Gue jadi makin penasaran, "Selametan apa?"

"Mas Yanto bilang, gara-gara tulisan RS, blog abang dapat banyak komentar. Padahal biasanya kan jarang yang mampir", jelas Ryan sambil ngaduk kopi susu di depannya.

"Iya mas, tumben blog sampeyan ramai sama komentar pengunjung", sambung mas Yanto.

Pas gue mau ngebales mas Yanto, sepintas gue liat mpok Nur keluar dari dapur. Biasa, ngeberesin meja dari gelas kotor bekas teh atau kopi. Sebentar gue nikmatin pemandangan indah di depan gue. Kayaknya kagak pernah bosen ngeliat si mpok nyang mulus en bohay...

"Mpok, minta kopinya donk. Biasa mpok...kental manis, manisnya kayak mpok!", goda gue. Biasanya kalo gue godain, si mpok langsung masuk dapur sambil nyahut, "Gombal...!"

Balik ke mas Yanto ama Ryan, kayaknya mereka masih nungguin gue soal komentar tadi.

"Mas Yanto kok kagak kasih komentar di blog gue? Di shoutbox juga kagak nongol." kata gue sekedar nyambung omongan ke topik awal.

"Habis aku bingung mas, sepertinya semua komentar sudah ada." sambil ngeluarin rokok dari kantong dia nyambung lagi, "Saya sih paling setuju sama
mbak Meiditami,"Gak usahlah terlalu reaktif menanggapi RS. Saya amati segelintir orang gemar sekali mencerca RS yang menurut saya sudah diluar proporsi."

"Tapi wajar juga mas kalau banyak yang kesal sama RS." kata Ryan. Coba simak komentar Scootergoogle,"Bukannya kalo seseorang itu kalo sudah berpendidikan tinggi itu omongannya membuat yang lain tenang terlebih katanya pakar..."

Gue cuman ngangguk-ngangguk denger argumen Ryan. "Bener juga mas Yanto, Mas-ter Iwan aja ampe nantangin RS pertandingan deface." kata gue sambil nerima gelas kopi dari mpok Nur. "Manis kan mpok?"

"Kagak, gula lagi mahal!" sahut si mpok sambil pura-pura melotot. Kalo lagi begitu, mpok Nur makin caem aja dah...

"Apalagi komentarnya
bejozz, "Itu namanya Roy Suryo sudah menabuh genderang perang, alias ngajah ribut sama para blogger." kata Ryan lagi ke arah mas Yanto.

"Betul, tapi kan kita mesti arif dalam bersikap. Jangan ikut-ikutan emosi dan mengumbar nafsu. Baca deh komentarnya hakimtea, bengkalis blogger, new techno, mas ysugiri dan e-rory. Biar hati panas, kepala harus tetap dingin.
Eling to mas..." timpal mas Yanto.

Emang kalo gue baca komentar yang masuk, bisa ditarik ke dua kutub yang berbeda. Sebagian begitu tegas menyerang RS dan sebagian lagi berusaha bijak dalam memberi komentar. Kayak kata Oom Guru Agus, "namanya manusia tetap gak luput dari kesalahan."

"Buat gue ini nyang namanya demokrasi, mas. Siapa aja boleh kasih komentar apa aja di opiniherry asalkan bukan SARA. Soal beda pendapat itu wajar. Laki bini aja suka beda pendapat, tul gak?" kata gue.

"Kalau begitu mas RS juga boleh dong kasih pendapat seperti kemarin itu?, sahut mas Yanto.

Ryan nyang lagi kepedesan ama cabe rawit langsung nimpalin, "Wah, nggak bisa mas. Kalo statement kemarin itu sudah menjurus tuduhan. Fitnah. Bisa kena pasal pencemaran nama baik tuh..."

"Betul mas Yanto, bebas ngomong juga ada batasnya. Musti pake dasar yang kuat. Jangan juga maen generalisir. Gue sepakat tuh ama
olangbiaca." kata gue ngedukung Ryan.

"Wah, sampeyan ini mentang-mentang dibilang jujur yaa..." timpal mas Yanto.

"Bukan begitu mas, tapi kan emang orang itu ada nyang baik juga ada nyang jelek. Soal jujur mah, baru insya Allah. Amiin aja deh." kata gue sambil nyengir.

"Ya sudah, seperti sampeyan pernah bilang juga. Kita ambil saja hikmahnya. Salah satunya, kasus ini justru bikin para blogger semakin berani menunjukkan identitasnya sebagai blogger Indonesia.
Gitu aja kok repot!" kata mas Yanto sambil nyomot kue pisang dari nampan.

"Satu lagi mas, hikmahnya buat blog bang Herry jadi rame komentar." sambung Ryan.

Kagak sadar, muka gue merah juga denger ledekannya si Ryan. "Ente bisa aja, Ryan. Emang gue kudu bilang makasih ama RS nih. Gara-gara
statement konyol dia, blog gue banyak kedatengan tamu. Malahan guru-guru gue juga mampir. Seneng banget deh." kata gue bikin pengakuan.

"Besok saya akan kirim e-mail ke RS biar dia kasih statement yang lebih sensasional. Jadi blog sampeyan bisa lebih ramai lagi." sahut mas Yanto.

"Wah, jangan mas. Bisa geger dunia persilatan...! Nanti bisa terjadi pertumpahan darah tuh" kata gue.

Ryan dan mas Yanto ngakak kegelian. Mpok Nur ampe keluar dari dapur. "Pade ngomongin apa sih, geli banget."

Duh, si mpok nongol lagi. Bikin dada gue kayak bedug. Kagak tahan ngeliat si mpok dari atas ampe bawah.

Malam makin dingin. Gerimis terus turun ditambah angin semilir.

Gue liat mpok Nur lagi ngegoreng tempe. "
Mpok dingin nih, enak kali nyang anet-anget." goda gue sambil pasang mata genit.

"Mao nyang anget, peluk tuh
kompor..." sahut si mpok.

Bujug buneng...

1 komentar

oom mengatakan...

wah semain top nih mas hery..semoga lebih top lagi :)